7 CARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUAL

Salah satu hal utama yang harus dimilik oleh setiap pengusaha adalah kemampuan untuk menjual. Seberapa pun kerennya produk anda, jika anda tidak dapat menjual, semua sia-sia saja. Jadi, bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan anda untuk menjual produk anda?

1. Mulai menjual sekarang

Satu-satunya cara nyata untuk menjadi lebih baik dalam menjual adalah pergi berjualan. Tidak ada cara terbaik selain praktek. Anda kemungkinan besar gagal dalam usaha yang pertama, tapi tidak apa-apa. Anda selalu dapat memperbaiki kemampuan anda.  Baca buku penjualan, ikut pelatihan, dll.

2. Latih kemampuan bercerita anda

Apakah anda sadar atau tidak, penjualan anda tergantung kepada kemampuan anda bercerita (storytelling). Cerita yang bagus akan memenangkan perhatian dari calon pembeli anda, dan bahkan mungkin tanpa menjual sedikitpun, cerita anda akan memenangkan klien bagi anda!  Terus berusaha untuk membuat cerita yang menarik, dan latih cara anda dalam menyampaikannya.

3. Ringkaskan penjelasan anda

Jika anda telah belajar untuk mendeskripsikan produk anda dengan ringkas kepada seseorang yang tidak tahu sama sekali mengenai produk anda dan hanya dapat fokus dalam waktu singkat, anda akan menjadi yang terdepan ketika menjual.

Seperti kata Albert Einstein, “Kalau anda tidak dapat menjelaskannya kepada seorang, maka anda juga sama tidak mengertinya apa yang anda sampaikan.”

4. Berbicara dengan orang banyak

Banyak orang berkata kalau mereka tidak bisa menjual. Jika anda duduk di belakang komputer sepanjang hari, takut keluar dan terlibat, jelas anda tidak akan pernah menjadi lebih baik. Semakin banyak orang yang anda ajak bicara, semakin banyak penjualan yang anda dapat, anda pun semakin percaya diri. Rasa percaya diri itu akan menjadi nyata dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

5. Belajar “membaca” orang

Cara terbaik untuk mempertajam kemampuan menjual adalah dengan belajar membaca orang. Beberapa orang dapat diyakinkan dengan fakta dan data, sementara yang lain membeli dari orang yang mereka nilai percaya diri, dapat dipercaya dan mudah disukai.

Isyarat-isyarat tidak lisan akan memberitahu anda apa yang dapat anda harapkan, jadi bicaralah dengan pelanggan sesuai dengan tipe komunikasinya dan tekankan bagaimana cara produk atau jasa anda akan mempermudah hidup mereka.

6. Cari tahu apa yang dikuatirkan pelanggan

Pada akhirnya, penjualan adalah bagaimana mengatasi hal yang tidak disukai pelanggan atau membantu mereka untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Untuk menjadi efektif dalam penjualan, anda harus benar-benar mengerti apa faktor utama yang dikuatirkan pelanggan. Bicara dengan pelanggan dan pahami apa yang menyebabkan kekuatiran itu dan sesuaikan cara menjual anda. Dengan melakukan pendekatan “penjualan konsultasi”, anda dapat menutup penjualan dengan lebih mudah. Tanpa disadari pelanggan, mereka telah turut membantu proses penjualan.

7. Tanya “kenapa?”

Ketika membicarakan penjualan, fokuslah pada pelanggan di hadapan anda – dan mulai menggali mengapa mereka (akan) memerlukan produk anda. Dengan informasi yang diperoleh, anda dapat menyesuaikan kebutuhan mereka dengan produk anda secara sempurna.

Komentar

Postingan Populer